Sejarah Berdirinya Persipura Jayapura

Sejarah Persipura Jayapura
Provinsi Papua merupakan provinsi yang menempati wilayah paling timur di Republik Indonesia. Provinsi yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini ini beribukota di Kota Jayapura. Kota yang menurut beberapa sumber namanya diambil dari nama salah satu kota di India yaitu Jaipur, memiliki arti 'Kota Kemenangan'. Mungkin hal tersebut yang menjadi dasar klub sepakbola di Jayapura, Persipura Jayapura bisa merajai persepakbolaan Indonesia sampai saat ini. Lalu bagaimana sejarah berdirinya Persipura Jayapura?

Persatuan Sepakbola Indonesia Jayapura yang disingkat Persipura Jayapura adalah klub di era Indonesia Super League dengan berhasil menjadi juara sebanyak tiga kali. Sebelum Persipura berdiri terdapat klub sepakbola yang lebih dulu ada ketika Jayapura saat itu masih bernama Kota Baru, yaitu PSKS (Persatuan Sepakbola Kota Baru dan Sekitarnya) yang merupakan perserikatan yang ada di Irian Barat. Sebelum PSKS ada, telah berdiri Voetball Bond Hollandia (VBH) pada kurun 1952-1953.

Kemudian pada 25 Mei 1965 dideklarasikan berdirinya Persipura yang merupakan akronim dari Persatuan Sepakbola Indonesia Sukarnopura, nama Sukarnopura kemudian berganti menjadi Jayapura seiring dengan pergantian nama kota pada 1968. Setelah dideklarasikan, jabatan Ketua Umum diisi oleh Pendeta Mesack Koibur dan Barnabas Youwe sebagai sekretaris umum merangkap pelatih. Awal berdirinya klub berjuluk Mutiara Hitam ini, mempunyai motto "One for eleven, eleven for one". Persipura sendiri saat ini bermarkas di Stadion Mandala, sebelum itu mereka sempat memakai lapangan sepakbola Argapura sebagai lapangan resmi mereka
Perayaan Persipura sebagai Juara Indonesia Super League 2013
Sumber: wikipedia.org, papuapos.com, republika.co.id, novanmediaresearch.wordpress.com
Foto: wikipedia.org, google.com, kompas.com

About Makelar Beras

Penulis berdarah dingin yang tinggal di Kabupaten Milano.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar