Sejarah Berdirinya Persiba Balikpapan

Balikpapan adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur. Kota yang menjadikan hewan Beruang Madu sebagai maskot ini merupakan kota dengan biaya hidup termahal se-Indonesia, walalupun begitu 22% penduduk Kalimantan Timur tinggal di Balikpapan. Kota yang juga sering dijuluki sebagai Kota Minyak ini merupakan markas dari klub sepakbola yang berlaga di Liga 1, Persiba Balikpapan. Lalu, bagaimana sejarah berdirinya Persiba Balikpapan?

Persiba Balikpapan merupakan akronim dari Persatuan Sepakbola Indonesia Balikpapan, kata Balikpapan di kalimat tersebut menandakan bahwa Persiba merupakan klub yang berasal dari Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Klub berjuluk Tim Selicin Minyak ini berdiri pada tahun 1950, tepatnya pada tanggal 3 Agustus 1950. Meski begitu klub ini baru terdengar namanya ketika berhasil menjuarai kompetisi Divisi I Perserikatan pada tahun 1985, setelah itu di Divisi Utama Perserikatan klub yang juga mempunyai julukan Beruang Madu paling tinggi hanya mampu menembus babak 6 besar pada tahun 1988 dan 1989/1990. Di era Liga Indonesia, Persiba Balikpapan sempat terdegradasi ke Divisi I setelah menempati posisi buncit di musim 1998/1999.

Persiba Balikpapan berhasil promosi ke Divisi Utama Liga Indonesia kembali setelah berhasil menduduki peringkat 4 regional 2 Divisi I pada tahun 2004. Kemudian prestasi terbaik mereka adalah berhasil menduduki peringkat 3 ketika Liga 1 masih bernama Indonesia Super League di musim 2009/2010. Persiba Balikpapan sendiri sekarang bermarkas di Stadion Batakan, setelah sebelumnya bermarkas di Stadion Pertamina, Balikpapan yang memiliki nama resmi Stadion Persiba.

Stadion Pertamina Balikpapan
Stadion Persiba
Sumber: wikipedia.org, bola.com
Foto: wikipedia.org, thetanjungpuratimes.com, prokal.co

About Makelar Beras

Penulis berdarah dingin yang tinggal di Kabupaten Milano.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar