Menyerahnya Jerman, Tanda Berakhirnya Perang Dunia II di Eropa

Penandatanganan surat penyerahan Jerman tanpa syarat pada Perang Dunia II di EropaSetelah nyaris 6 tahun Eropa luluh lantah karena terjadi Perang Dunia II, pada 8 Mei 1945, perang di Benua Biru tersebut secara resmi berakhir, walaupun secara global perang ini berakhir setelah Jepang menyerah pada September 1945. Berakhirnya perang ini ditandai dengan menyerahnya Jerman dengan dibarengi dengan penandatangan surat kapitulasi tanpa syarat. Sebelum surat kapitulasi tersebut ditandatangani, sebenarnya tanda-tanda Jerman menyerah telah terlihat ketika Adolf Hitler ditemukan tewas pada 30 April 1945.

Kemudian, pada 2 Mei 1945, Pertempuran Berlin berakhir dengan ditandai menyerahnya Komandan Pertahanan Berlin, Jenderal Helmuth Weidling, pada Jenderal Vasily Chuikov yang berasal dari Angkatan Darat Uni Soviet. Pada 4 Mei 1945, pasukan Jerman di lokasi barat laut Jerman, Denmark serta Belanda menyerah tanpa syarat pada Field Marshal Bernard Montgomery. Di hari yang sama pasukan Jerman di Bavaria menyerah pada Jenderal Jacob L. Devers dari tentara ke-6 Amerika Serikat.

Pada 6 Mei 1945, tangan kanan Adolf Hitler, Reichsmarschall Hermann Wilhelm Göring, menyerah di perbatasan Jerman-Austria pada Jenderal Carl Spaatz yang merupakan Komandan Angkatan Udara Amerika Serikat. di Eropa. Esok harinya, pada 7 Mei 1945, Panglima Angkatan Bersenjata Jerman Jenderal Alfred Jodl menandatangani dokumen atau surat kapitulasi tanpa syarat yang menyebutkan Jerman menyerah tanpa syarat serta memerintahkan seluruh personel militer Jerman menghentikan baku tembak pukul 23.01 pada 8 Mei 1945.

Kemudian, Wilhelm Keitel bersama perwira tinggi Jerman pergi ke Berlin untuk menandatangi dokumen yang sama, dokumen tersebut juga ditandatangani oleh pihak Uni Soviet. Dengan ditandatanganinya dokumen atau surat kapitulasi tanpa syarat tersebut maka Perang Dunia II secara resmi berakhir di Eropa. Berita tersebut diterima oleh orang-orang Eropa pada pagi hari, tanggal 8 Mei 1945, dengan disambut turunnya warga ke jalanan merayakan selesainya penderitaan mereka.

Alfred Jodl (tengah), ketika menandatangani surat kapitulasi tanpa syarat
Sumber: kompas.com, wikipedia.org
Foto:wikipedia.org

About Makelar Beras

Penulis berdarah dingin yang tinggal di Kabupaten Milano.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar