Pengertian Sejarah dan Fungsi Nyata Sejarah


Pengertian Sejarah dan Fungsi Sejarah
Kata sejarah secara harfiah berasal dari kata Arab, Å¡ajaratun yang berarti pohon. Dalam bahasa Indonesia sendiri istilah sejarah bisa disamakan dengan hikayat, riwayat atau tambo yang berarti kejadian dan peristiwa yg benar-benar terjadi pada masa lampau.







Pengertian Sejarah menurut beberapa tokoh :
J.V. Bryce : Sejarah adalah catatan dari apa yang telah dipikirkan, dikatakan, dan diperbuat oleh manusia.
Patrick Gardiner : Sejarah adalah ilmu yang mempelajari apa yang telah diperbuat oleh manusia.
Moh. Yamin : Sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan bahan kenyataan.
Fungsi Sejarah
Banyak yang tidak menyadari bahwa sejarah memiliki banyak fungsi selain untuk bernostalgia dan mengenang mantan peristiwa. Berikut merupakan fungsi sejarah yang jarang diketahui oleh orang :
      a. Sejarah sebagai peristiwa dan kisah
        Sebagai peristiwa, sejarah diartikan sebagai peristiwa masa lampau manusia yang benar-benar terjadi (histoire realita), sehingga hanya terjadi satu kali saja , yaitu pada saat kejadiannya sedang berlangsung , sehingga tidak mungkin terjadi lagi pada masa-masa selanjutnya, kecuali elu mengalami de javu :v . Setiap peristiwa yang terjadi akan berbeda dengan peristiwa sebelumnya, kalaupun peristiwa nya sejenis , tetapi waktu dan tempat serta pelaku sejarahnya berbeda . sering juga ada istilah sejarah berulang , sebetulnya yang berulang bukan peristiwanya tetapi gejala dari peristiwa itu yang berulang. Sedangkan sejarah sebagai kisah (histoire reite) , dapat diartikan sebagai rekontruksi peristiwa masa lampau oleh manusia masa kini melalui berbagai fakta dan penafsiran . sejarah sebagai kisah dapat kita baca dalam berbagai buku sejarah , majalah atau koran, atau pada saat guru menjelaskan materi sejarah.
      b. Sejarah sebagai ilmu
          Seperti ilmu yang lain ilmu sejarah berarti ilmu yang mempelajari sejarah. Dengan digabungkan dengan pengertian sejarah itu sendiri maka ilmu sejarah adalah ilmu yang mempelajari tentang peristiwa masa lampau karena masa depan hanya untuk kita berdua :*.. Sejarah sebagai ilmu mempunyai beberapa ciri yakni : empiris, mempunyai obyek material & formal, memiliki teori dan juga metode didalamnya.
       c. Sejarah sebagai seni
           Berarti dalam penulisan ulang sejarah sejarawan melakukan hal-hal seperti yang dilakukan oleh para seniman yakni, imajinatif dan naratif
         

:Foto : ymp.or.id

About Makelar Beras

Penulis berdarah dingin yang tinggal di Kabupaten Milano.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

13 komentar :