Perbedaan Praaksara dan Prasejarah


Perbedaan Praaksara dan Prasejarah
Dalam masa sekarang masyarakat sering terjebak dengan pengertian praaksara dan prasejarah, hal itu diperparah dengan pengertian keduanya yang sering tertukar. Banyak orang berpendapat bahwa praaksara adalah zaman dimana dikenal  dengan nama zaman batu, sedangkan prasejarah diartikan zaman dimana manusia belum mengenal tulisan. Lalu apa sebenarnya pengertian dari kedua kata tersebut? Apakah pengertian keduanya berbeda?
Praaksara (Masa Praaksara) 
Apakah yang dimaksud masa praaksara? Praaksara berasal dari kata "pra" yang berarti sebelum dan "aksara" yang berarti tulisan. Jadi masa praaksara berarti masa ketika manusia belum mengenal tulisan. Masa praaksara sendiri disebut juga masa "nirleka" yang sama. Dimana Nirleka terdiri dari kata "nir" yang berarti tidak dan "leka" yang berarti tulisan.
Prasejarah (Masa Prasejarah)
Masa prasejarah dapat diartikan masa sebelum adanya manusia. Mengapa demikian? Karena kata prasejarah sendiri terdiri dari kata "pra" yang berarti sebelum dan "sejarah" yang berarti peristiwa yang telah diperbuat oleh manusia.
Prehistory dan Perdebatan Sejarawan
Dalam bahasa Inggris Praaksara dan Prasejarah memiliki arti sama yakni Prehistory. Mengapa dari kata tersebut menimbulkan perdebatan? Karena Prehistory terdiri dari kata "pre" yang berarti sebelum dan "history" yang berarti sejarah. Beberapa sejarawan menafsirkan prehistory berarti sama dengan praaksara karena dalam masa itu belum mengenal tulisan, sementara sejarawan lain menafsirkan prehistory dengan masa sebelum ada sejarah (prasejarah). Dalam perkembangannya sejarawan sepakat praaksara berbeda dengan prehistory. Karena walaupun manusia belum mengenal tulisan (praaksara) tetapi sejarah telah ada dan kebudayaan telah terbentuk.

Foto : extremetch.com, kwikku.com

About Makelar Beras

Penulis berdarah dingin yang tinggal di Kabupaten Milano.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar