San Marino, Republik Tertua di Dunia

San Marino
Sistem negara republik menurut KBBI adalah bentuk pemerintahan yg berkedaulatan rakyat dan dikepalai oleh seorang presiden. Namun republik berbeda dengan konsep demokrasi, karena terdapat suatu kasus dimana republik dijalankan secara totaliter. Contohnya adalah Afrika Selatan yang menjadi negara republik sejak tahun 1961, namun karena politik apartheid maka warga negara yang berkulit hitam dilarang mengikuti pemilu. Tetapi sekarang banyak terdapat negara republik yang menerapkan demokrasi. Lalu negara manakah yang pertama memakai sistem republik?

Jawabnya adalah San Marino. Negara yang mempunyai nama resmi Republicca di San Marino ini dibentuk pada tanggal 3 September 301 oleh Santo Marinus yang berasal dari Pulau Rab. Dia adalah seorang tukang batu Kristiani yang kabur pada saat penganiyayaan agama oleh Kaisar Romawi Diokletianus. Konstitusi di San Marino berlaku pada tahun 1600. Hal itu membuat San Marino menjadi negara republik konstitusional tertua di dunia.

Sebagai tempat Pengungsian
Pada masa Unifikasi Italia atau penyatuan Italia pada abad ke-19, San Marino menjadi tempat pengungsian bagi banyak orang yang dipersekusi karena mendukung unifikasi. Atas bantuan ini, Giuseppe Garibaldi yang merupakan seorang patriot Italia yang mengkampanyekan unifikasi Italia. Menerima permintaan San Marino agar tidak dimasukkan ke dalam unifikasi negara Italia yang baru. Napoleon Bonaparte pun menolak merebut negara ini. Dan ketika ditanya dia menjawab "Mengapa? Negara ini adalah sebuah model republik!"

Bersikap Netral pada Perang Dunia
San Marino Maps
Peta Republik San Marino
Pada Perang Dunia I (Perang Eropa), San Marino memilih bersikap netral. Tetapi oleh Italia dituduh melindungi mata-mata Austria yang membuat hubungan Italia dan San Marino merenggang pada saat itu.

Pada Perang Dunia II, San Marino kembali bersikap netral. Namun lagi-lagi San Marino tertimpa masalah, karena mereka dibom oleh Royal Air Force yang merupakan Tentara Angkatan Udara dari Britania Raya pada 26 Juni 1944. Hali ini karena Britania Raya percaya bahwa San Marino dipimpin oleh pasukan Jerman dan digunakan untuk menumpuk senjata.

Menjadi anggota PBB dan Status di Eropa
Pada tahun 1988 San Marino menjadi anggota Majelis Eropa, namun sampai saat ini San Marino bukan anggota Uni Eropa. Pada tahun 1992 San Marino masuk menjadi anggota PBB dan San Marino memilih memakai mata uang Euro karena sistem keuangannya terintegrasi dengan Italia.


Sumber: KBBI, wikipedia.org
Foto: wacana.co, wikipedia.org, cia.gov

About Makelar Beras

Penulis berdarah dingin yang tinggal di Kabupaten Milano.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

3 komentar :